lampu led hiasan

Manfaat Lampu LED

  1. Efisiensi Energi

Adalah cara yang paling efisien saat ini dalam pencahayaan, dengan efisiensi energi sekitar 80% -90% bila dibandingkan dengan pencahayaan tradisional dan bola lampu konvensional. Hal ini berarti bahwa +/-  80% dari energi listrik diubah menjadi cahaya, sedangkan sisanya 20% hilang dan diubah menjadi bentuk energi lainnya seperti panas.

Penggunaan bola lampu pijar tradisional yang beroperasi pada efisiensi energi 20% saja, 80% dari listrik yang hilang sebagai panas. Bayangkan skenario seperti ini:

Apabila Anda memakai pencahayaan tradisional dan mempunyai tagihan listrik misalnya Rp. 1.000.000, maka Rp. 800.000 dari uang yang telah digunakan untuk memanaskan ruangan, tidak untuk menyalakannya! Menggunakan pencahayaan LED dengan efisiensi 80%, biaya listrik akan menjadi sekitar Rp. 200.000 dan Anda akan berhemat sekitar Rp. 800.000.

Umur penggunaan operasional yang panjang bertindak sebagai multiplicator dan membantu mencapai efisiensi energi bahkan lebih, terutama skala besar dan sangat bermanfaat dalam hal proyek infrastruktur perkotaan, seperti kota-kota, rel kereta api dan bandara.

 

  1. Usia Lampu LED Tahan Lama

Usia pemakaian yang lama merupakan alasan nomor satu keunggulan dari lampu LED. Lampu LED dan dioda punya waktu hidup operasional yang luar biasa panjang hingga 100.000 jam. Ini berarti waktu 11 tahun beroperasi secara terus-menerus, atau 22 tahun beroperasi 50%. Bila Anda menggunakan peralatan LED selama 8 jam per hari itu akan memakan waktu sekitar 20 tahun sebelum Anda harus mengganti bohlam LED.

 

  1. Sangat Ramah Lingkungan

Kebanyakan pencahayaan lampu neon konvensional mengandung banyak bahan yang tidak ramah lingkungan seperti merkuri yang berbahaya bagi lingkungan, sementara lampu LED bebas dari bahan kimia beracun.

Selain itu Lampu LED 100% dapat didaur ulang, dan akan membantu Anda agar dapat mengurangi jejak karbon hingga sepertiga. Jangka waktu pengoperasian yang panjang seperti disebutkan diatas juga berarti bahwa satu lampu LED mampu menghemat material dan produksi 25 bola lampu pijar. Tentunya hal ini dapat menjadi langkah besar menuju masa depan yang lebih hijau.

 

  1. Dapat digunakan pada Suhu Dingin atau Panas

Lampu LED bisa dioperasikan ketika suhu di luar ruangan dingin dan rendah. Sedangkan pada lampu neon, suhu rendah bisa mempengaruhi operasi dan akan menjadi sebuah tantangan, tapi pencahayaan LED beroperasi dengan baik dalam pengaturan dingin, misalnya seperti pengaturan musim dingin di luar ruangan, kamar freezer dan sebagainya.

 

  1. Tidak ada Emisi UV

Cahaya infrared kecil yang dihasilkan oleh LED membuahkan 0% emisi UV. Oleh sebab itu, pencahayaan LED sangat cocok bukan hanya untuk barang dan bahan yang sensitif terhadap panas, tetapi juga untuk penerangan dari UV pada benda sensitif atau bahan-bahan tersebut misalnya dalam museum, galeri seni, situs arkeologi dan lain sebagainya.

 

  1. Fleksibilitas Desain

LED mampu digunakan dalam bentuk apapun untuk menghasilkan pencahayaan yang sangat efisien. LED dapat dipakai untuk dim, sehingga kontrol dinamis pada cahaya, warna dan distribusi. Sistem penerangan LED bisa mencapai efek pencahayaan yang fantastis, bukan hanya untuk mata, tetapi juga suasana hati dan pikiran.

 

  1. Low-Voltage

Dengan hanya power supply tegangan rendah cukup untuk pencahayaan LED. Ini tentunya membuat mudah dalam penggunaan lampu LED juga dalam pemakaian luar ruangan. Melalui hubungan sumber-energi surya eksternal akan menjadi sebuah keuntungan besar jika teknologi LED digunakan di daerah terpencil atau pedesaan.

No Comments

Post A Comment